Biro Umroh Semarang | Dewangga Lil Haji Wal Umroh. Sebagian perempuan merasa bahwa penampilan adalah nomer satu yang harus diperhatikan daripada hal lainnya. Baik di dalam maupun di luar rumah, seorang perempuan yang sangat peduli dengan penampilan akan terus menjaga agar terlihat cantik dan menarik disetiap kesempatan, tak terkecuali saat melakukan perjalanan keluar negeri. Sebagian perempuan akan membawa alat make up, beserta perlengkapan fashion lainnya untuk menunjang foto, supaya hasilnya maksimal.

Perjalanan haji atau umroh, selain perjalanan suci karena Allah SWT, tak sedikit perempuan yang berniat untuk menjadikan perjalanan umroh atau haji sebagai wisata religi. Tentunya bagi perempuan yang suka sekali berfoto, dia akan membawa barang-barang yang menunjang dirinya agar tampak lebih menarik jika di foto meski di tanah suci.Memakai Kacamata. Pernahkah anda melihat perempuan yang memakai kacamata saat ikhram? Mungkin sebagian mengenakan kacamata hanya untuk style agar lebih menarik jika berfoto. Ada juga yang sengaja mengenakan kacamata agar terhindar dari paparan sinar matahari, lantas bagaimana hukum sebenarnya mengenakan kacamata saat ihram?

Diantara hal yang dilarang dalam Ihram bagi wanita adalah menutup wajah dan memakai kaos tangan. Jika keduanya dilanggar dengan sengaja tanpa ada alasan syar’i, maka menyebabkan wajib membayar fidyah. Akan tetapi jika menutup muka karena khawatir timbulnya fitnah maka tidak mengapa. Seperti ketika berjumpa atau berkomunikasi dengan lelaki bukan muhrimnya dengan dekat.

Jika masih bisa dihindarkan henda hendaknya perempuan yang sedang ikhram menghindarkan wajahnya dengan cara melindungi diri dari tatapan langsung, baik dengan kerudung maupun dengan satir sejenisnya. Dan kemudian melepasnya sesaat setelah interaksi selesai.

Lantas bagaimana dengan memakai kacamata? Apakah kaca mata digolongkan sebagai penutup muka? Atau sekadar penutup mata? Karena di zaman sekarang ini lazim sekali para wanita mengenakan kaca mata di saat ihram tanpa ada kekhawatiran menimbulkan fitnah. Kebanyakan mereka menggunakan kaca mata karena menghindar dai terik mentari. Mengenai wanita yang memakai kacamata saat ihram para ulama berbeda pendapat. Tetapi mayoritas membolehkannya. Karena menganggap kaca mata hanya sebagai penutup mata, bukan penutup muka. Disamping itu masih ada perselisihan antar ulama apakah muka dan telapak tangan adalah aurat bagi wanita ketika ihram. Namun demikian mayoritas melarang wanita ihram menutup muka kecuali dikhawatirkan dengan membuka muka terjadi fitnah. Bahkan karena karakter fitnah yang semakin tidak menentu, maka dibolehkanlah wanita menggunakan kaca mata. Demikian keterangan dalam syarh al-yaquut al-nafis.

Demikian artikel tentang hukum memakai kacamata saat ihram bagi wanita, semoga bermanfaat.

[sumber]

Biro Umroh Semarang | Dewangga Lil Haji Wal Umroh 📱Whatsaap : 081228155300

KANTOR PUSAT : – Sriwijaya 57 Semarang Telp. (024) 8418218 – Jl. Setiabudi No. 91 Srondol Semarang, Telp. 024 76405900 , 0816650805

KANTOR PERWAKILAN : – Jl. Raya Pati – Tayu Km. 1 Depan Asrama Tentara Alugoro Pati Telp. 0295 383070 , 0852 9003 3398 – Jl. Sunan Abinawa Patebon Kendal Telp. 08122 9999 300 – Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 33 Jaraksari – Wonosobo Telp. 0286 323868 , 0822 4282 9361 – Jl. Jend. Sudirman Rembang Depan Pom Bensin Desa Tireman Telp. 0295 383070 , 0852 2802 5000