Sebelum berangkat umroh hendaknya kita harus mempersiapkan diri agar umroh berjalan dengan baik dan lancar untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Beberapa hal yang harus diwaspadai saat umroh adalah sebagai berikut :

  1. Pencurian

Berhati-hatilah bila berada di tempat-tempat yang ramai oleh pengunjung. Ada banyak modus pencurian yang terjadi di tanah suci. Seperti modus pura-pura membantu jamaah tersesat dan di tengah jalan, pelaku merampas uang jamaah dan meninggalkannya begitu saja. Ada juga yang tasnya disilet saat berdesak-desakan keluar dari Masjid Nabawi usai shalat wajib dan mencuri barang-barang di tas tersebut.

Selain itu ada modus pencurian dengan perempuan bercadar dan berbaju hitam yang menyamar sebagai polisi wanita, lalu menggeledah jamaah yang hendak masuk masjid dan mencuri isi tas tersebut.

  1. Kriminalitas

Jangan pergi ke suatu destinasi tertentu sendirian, pergilah beramai-ramai bersama rombongan dan hendaknya ditemani oleh mahramnya masing-masing.

  1. Pelecehan Seksual

Bagi muslimah pakailah baju sesuai standar Arab yang tertutup dan berwarna gelap. Karena bila kita memakai baju yang berwarna-warni dikhawatirkan dapat menimbulkan hasrat di mata pria Arab yang tidak biasa melihat keberagaman dan variasi baju muslimah.

  1. Resiko tertular penyakit

Bawalah obat-obatan bila kalian menderita penyakit tertentu. Selain itu kita juga dapat membawa masker, krim anti matahari, dan kacamata hitam. (Diolah dari berbagai sumber).

Baca juga : Kesalahan-Kesalahan yang Dilakukan Jemaah Wanita Saat Umroh