Setiap ibadah yang telah sesuai tuntunan dalam Islam memiliki keutamaan masing-masing. Begitu juga dengan ibadah umroh. Ada cukup banyak keutamaan ibadah umroh. Bahkan ibadah umroh pun punya keutamaan tersendiri untuk kaum wanita, mereka yang lanjut usia dan mereka kaum yang lemah. Apa keutamaannya ? Umroh dan haji adalah jihad bagi mereka. Sebagain besar dari kita sepertinya telah paham bahwa kaum wanita, ataupun mereka yang lanjut usia adalah yang dalam hal fisik lemah jika dibandingkan dengan laki-laki. Kelemahan dalam fisik ini menyulitkan mereka untuk berjihad dengan atau berperang ketika pada zamannya Rasulullah SAW. Meskipun sangat sulit untuk turut serta dalam perang, akan tetapi para wanita maupun mereka yang lanjut usia masih bisa memperoleh pahala jihad tanpa harus berperang. Caranya adalah dengan melaksanakan ibadah haji ataupun umroh.

Seperti dalam hadist Ibdu Majah, Dari Aisyah RA ia mengatakan “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad ? Rasulullah SAW pun menjawab “Iya, dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yakni dengan haji dan umroh”. Bukan hanya itu saja, ada hadist berikutnya yang dapat menerangkan keutamaan ibadah umroh untuk kaum wanita, orang lanjut usia ataupun kaum yang lemah.

جهاد الكبير والضعيف والمرأة : الحج والعمرة (رواه النسائي بإسناد حسن)

“Jihadnya orang tua, lemah dan wanita adalah haji dan umrah” (HR.an-Nasaai dengan sanad hasan)

Dari beliau juga, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما ، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة )رواه البخاري ومسلم والترمذي وغيرهم(

“Dari umrah ke umrah berikutnya adalah penghapus di antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada pahala baginya kecuali surga.” (HR.Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll)

Menghajikan atau umrohkan kedua orang tua kita, sebagai wujud kasih sayang kita pada mereka.

Keutamaan yang begitu besar dari ibadah umroh kiranya dapat menjadi sebuah pencerahan untuk kita yang memang sudah mampu, agar melaksanakan ibadah yang satu ini dengan ikhlas semata-masa untuk beribadah kepada Allah SWT dan berharap ridho-Nya. Jelas menghadirkan keikhlasan dalam hati adalah hal yang sangat penting untuk ditanamkan sebelum melaksanakan ibadah umroh dan bahkan juga ibadah apapun penting untuk menanamkan dalam hati mengenai keikhlasan ini. Selain itu, untuk dapat memperoleh berbagai keutamaan ibadah umroh, termasuk juga pahala yang sama dengan jihad bagi kaum wanita maupun orang tua, jelasnya serangkaian rukun dalam umroh dapat anda lakukan dengan khusyu’. Beberapa titik di Tanah Suci juga merupakan tempat yang mustajab untuk memanjatkan do’a sehingga anda pun ketika melaksanakan ibadah umroh, berdo’alah dengan khusyu juga serta memohon segala ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa.