Selama duabelas bulan dalam setahun, umat Islam diberi kewajiban menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh yakni di bulan ramadan. Puasa terbukti memiliki banyak keutamaan, oleh sebab itu pemahaman akan puasa wajib dipahami oleh umat Islam agar dapat mendatangkan manfaat dan dapat mengubah kepribadiannya menjadi lebih baik. Mari simak beberapa penjelasan keutamaan berpuasa di bawah ini :

  1. Puasa sebagai pengampun dosa

Allah berjanji akan mengampuni dosa-dosa seorang muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan dengan sungguh-sungguh.

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab (mengharap ridha Allah) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Shalat yang lima waktu, jum’at ke jum’at. Ramadan ke ramadan adalah penghapus dosa yang terjadi di antara tenggang waktu-waktu tersebut selama menjauhi dosa besar.” (Hadits Riwayat Muslim).

  1. Puasa sebagai kafarat

Diantara keistimewaan puasa bulan ramadan adalah bisa digunakan sebagai kafarat (penebus). Diantaranya : kafarat bagi orang yang tidak memotong rambut kepalanya (ketika haji) karena sakit atau penyakit di kepalanya, kafarat bagi orang yang tidak mampu memberi kurban, kafarat bagi pembunuh orang kafir yang punya perjanjian karena membatalkan sumpah, atau yang membunuh binatang buruan di tanah haram dan sebagai kafarat zhihar.

  1. Puasa sebagai pembebas dari api neraka

Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah kecuali Allah menjauhkan wajahnya di hari itu dari api neraka tujuh puluh musim.” (HR. Jama’ah) Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Puasa adalah perisai (yang melindungi) dari api neraka.” (HR. Ahmad)

Baca juga : Ciri-Ciri Haji dan Umroh yang Mabrur

  1. Dikabulkan doanya

Waktu yang tepat untuk berdoa adalah menjelang berbuka puasa. Allah akan mengabulkan doa bagi mereka yang berpuasa di bulan ramadan sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :

“Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka setiap siang dan malam dalam bulan Ramadhan, dan semua orang muslim yang berdo’a akan dikabulkan do’anya.”
(HR. Bazzar dan Ahmad).

  1. Bau mulut orang yang puasa lebih baik daripada minyak misik

Nabi SAW bersabda, ”Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada harumnya minyak misik.” (Muttafaq ‘Alaih)

  1. Orang yang berpuasa dijanjikan surga baginya

Suatu hari Abu Umamah datang kepada Nabi SAW dan bertanya tentang amal yang bisa memasukkannya ke surga. Imam Ahmad, Nasa’i dan Hakim meriwayatkan dalam hadits berikut ini:

Dari Abu Umamah berkata, “Saya datang kepada Rasulullah SAW, maka saya berkata, “Perintahkan kepada saya dengan sebuah amal yang dapat memasukkan saya ke dalam surga!” Rasulullah SAW menjawab, “Berpuasalah, sesungguhnya tiada tandingan baginya.” Kemudian saya datang untuk kedua kalinya, maka Beliau berkata, “Berpuasalah” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Hakim).

Baca juga : Ini Dia Doa-Doa Saat Menunaikan Ibadah Haji

  1. Puasa sebagai pemberi syafa’at

Rasulullah SAW bersabda :

“Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat” (HR. Ahmad dan Hakim). (Diolah dari berbagai sumber)