Ada sejumlah pasar murah yang dapat kita kunjungi ketika hendak membelikan oleh-oleh bagi kerabat di tanah air saat menunaikan ibadah haji/umrah di tanah suci. Pasar tersebut mempunyai jarak tempuh yang agak jauh dari Masjidil Haram namun perjuangan kita untuk sampai di sana tidaklah seberapa ketika sudah melihat harga-harga yang cenderung lebih murah. Pasar murah tersebut diantaranya :

  1. Pasar Hafair

Pasar ini terletak di jalan Haffair. Jaraknya sekitar 1,5 km menuju Masjidil Haram. Kawasan ini sangat dikenal oleh para jemaah haji dari Indonesia. Berbagai aneka barang dan souvenir khas Arab dijajakan disini.

  1. Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah terletak sekitar 2 km dari Masjidil Haram. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan secara lengkap dengan menawarkan harga yang relatif murah. Menariknya para pedagangnya rata-rata dapat berbahasa Indonesia meskipun tidak fasih. Jadi para jemaah dari Indoneseia bisa berbelanja di sana.

  1. Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah terletak diantara Mekkah dan Mina. Wilayah Aziziyah ini padat oleh para jemaah haji dari seluruh dunia dan penduduk asli. Kita tidak perlu susah untuk mengetahui letak  pasar murah Aziziyah. Di sini terdapat ratusan toko yang memasarkan bermacam produk beraneka ragam.

  1. Pasar Ukaz

Pasar Ukaz terletak di antara sudut jalan kota Thaif menuju Mekkah. Pasar ini memperdagangkan barang-barang seperti permadani, tenda, bulu domba, tembikar, perabotan, perhiasan, hasil bumi, dan rempah-rempah. Di pasar Ukaz juga sering mengadakan  pertunjukan baik syair maupun nyanyian. Saat ini, Pasar Ukaz telah disulap menjadi pusat expo canggih dengan ciri-ciri tenda badui.

  1. Pasar Kurma Kakiyah

Pasar ini letaknya cukup jauh dari masjidil haram, sekitar 20 km. Namun pasar ini merupakan sasaran utama bagi para jemaah haji dan umrah karena menawarkan ratusan jenis kurma. Di musim haji pasar ini akan diisi oleh jemaah yang mencari kambing untuk qurban maupun kebutuhan dam. Pasar murah ini bertempat di jalan Umm al-Mu’mineen Umm Salama. Kurma Ajwa/Kurma Nabi merupakan kurma yang digemari oleh jemaah Indonesia. Karena banyak manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi kurma Ajwa. Kurma Ajwa di sini dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding kurma dari pusat perbelanjaan lain. (Diolah dari berbagai sumber)