Sebelum masuk terlalu dalam, ayo kita simak sejarah awal Kota Ephesus ini !. Jadi pada awalnya Kota Ephesus merupakan kota Yunani kuno, yang direbut dan juga pernah mengalami kejayaan pada masa Romawi. Dalam sejarahnya kota ini memang pernah menghilang akibat terjadinya gempa bumi, akan tetapi kota ini akhirnya dibangun kembali dan pantas menjadi salah satu must visit place saat sobat pembaca sedang berkunjung ke negara Turki. Kota beruntung yang mempunyai situs reruntuhan bangunan kota kuno ini adalah kota Selcuk yang ada di Provinsi Izmir.

Nah, Provinsi Izmir ini terletak di Negara Turki yang bisa sobat pembaca tempuh kurang lebih 9 sampai 10 jam melalui jalur darat dari Istanbul. Istanbul memang menjadi sebuah kota penting yang menjadi pintu masuk utama ke negara Turki. Meskipun untuk mencapai kota ini sobat pembaca harus menempuh waktu yang sangat lama melalui jalur darat, namun sobat pembaca tidak perlu khawatir karena sobat pembaca akan disuguhi dengan berbagai pemandangan yang luar biasa indahnya.

Sepanjang perjalanan ke Kota Selcuk, sobat pembaca dapat menikmati hijaunya pegunungan dan indahnya padang Savana. Selain itu, sobat pembaca juga bisa melihat banyaknya domba-domba yang sedang memakan rumput. Tidak hanya itu saja, kondisi jalan menuju ke Ephesus juga sangat mulus dan tidak berlubang sehingga perjalanan sobat pembaca akan sangat sempurna dan tentunya nyaman.

Banyak para wisatawan yang berkunjung ke Ephesus dari Istanbul, pasti terlebih dahulu bermalam di Kusadasi dan keesokan harinya baru berangkat menuju Ephesus. Saat sobat pembaca menuju ke Ephesus maka sobat pembaca bisa melihat indahnya landscape negara ini, mulai dari Padang Savana, danau hijau tosca di Cannakale menuju Troy, Pengunungan di Bursa serta melihat jernihnya air pantai saat menuju Kusadasi. Nah, enaknya selama perjalanan bikin puisi juga

Hmmm, kembali kita ke kota Ephesus. Sebenarnya dalam bahasa Turki Epheses atau Efes diartikan sebagai reruntuhan sisa dari bangunan kota kuno. Keindahan kota Ephesus ini masih sangat jelas tergambar. Sehingga ketika sobat pembaca berkunjung ke Ephesus maka sobat pembaca bisa dengan mudah membayangkan bagaimana megahnya kota ini pada masa kejayaan bangsa Romawi kuno dulunya. Coba juga, bayangkan bila sobat pembaca menjadi seorang Kaisar Romawi.
Sisa-Sisa Bangunan Di Ephesus Sekarang saatnya kita menikmati sisa-sisa bangunan kuno yang ada disana. Wow, ada dua bangunan penting , yakni Grand Theatre dan Celsus Library. Jadi Grand Theatre dan Celsus Library merupakan dua sisa bangunan yang dapat sobat pembaca lihat di Ephesus.

Selain itu, kedua sisa bangunan ini juga jaraknya saling berdekatan. Apa sobat pembaca sudah tahu bahwa Celsus Library adalah sebuah perpustakaan yang dahulunya menjadi perpustakaan terbesar ketiga di masanya ?. Walaupun sebenarnya bangunan Celsus Library ini memang tidak utuh lagi, namun bentuk depan dan pilar-pilarnya masih berdiri dengan kokoh serta megahnya.

Selain itu, sepanjang dinding bagian luar perpustakaan ini juga terdapat berbagai ornamen patung dewa dewi dan untuk bagian dalamnya yang seharusnya menjadi tempat penyimpanan berbagai koleksi buku hanya tersisa ruangan kosong saja. Perpustakaan ini dulunya di dedikasikan kepada senator Romawi pada masanya yakni Tiberius Julius Celsus Polemeanus. Sementara untuk Grand Theatre terletak di Punggung suatu bukit. Nah, teater ini berbentuk setengah lingkaran dengan tempat duduk yang layaknya stadion, serta di bagian tengahnya terdapat panggung untuk pementasan. Dulunya Grand Theatre ini digunakan sebagai balai pertemuan dan adu gladiator binatang khas dinasti Romawi. Nah, setelah sobat pembaca merasakan jadi kaisar Romawi, silahkan merasakan menjadi seorang gladiator.

Biro Umroh Semarang | Dewangga Lil Haji Wal Umroh
📱Whatsaap : 081228155300
KANTOR PUSAT : – Sriwijaya 57 Semarang Telp. (024) 8418218 – Jl. Setiabudi No. 91 Srondol Semarang, Telp. 024 76405900 , 0816650805
KANTOR PERWAKILAN : – Jl. Raya Pati – Tayu Km. 1 Depan Asrama Tentara Alugoro Pati Telp. 0295 383070 , 0852 9003 3398 – Jl. Sunan Abinawa Patebon Kendal Telp. 08122 9999 300 – Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 33 Jaraksari – Wonosobo Telp. 0286 323868 , 0822 4282 9361 – Jl. Jend. Sudirman Rembang Depan Pom Bensin Desa Tireman Telp. 0295 383070 , 0852 2802 5000

[sumber]