Tata cara umroh wajib diketahui oleh siapa saja yang berencana melakukan ibadah ini. Hal ini karena pelaksanaan ritual yang tidak benar atau tidak tertib dapat membuat ibadah umrah menjadi tidak sah. Jika hal ini terjadi, tentu sangat disayangkan bukan? Ibadah umroh yang kita dasari dengan niat ikhlas untuk mencari rida Allah, biaya relatif besar yang telah kita keluarkan, tenaga dan waktu yang telah kita alokasikan, dan berbagai ritual yang telah kita lakukan ternyata menjadi ‘kurang sempurna” karena tata cara umroh yang kita praktikkan kurang tepat.

Pengertian Umroh, adalah salah satu bentuk ibadah di dalam agama Islam yang pelaksanaannya dengan melakukan beberapa ritual ibadah di kota Mekah, terutama di Masjidil Haram. Rangkaian ritual ibadah terdiri atas Ihram, Thawaf, Sa’i, dan Tahalul.

tata cara umroh

Tata cara ibadah haji dan umroh mirip, tetapi ada beberapa hal yang membedakan. Perbedaaan antara haji dan umroh adalah sebagai berikut.

  1. Waktu pelaksanaan: ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja, sedangkan ibadah haji hanya dilaksanakan pada bulan haji (bulan Dzulhijah).
  2. Tata acara pelaksaaan ibadah: tata cara ibadah umroh meliputi Ihram, Thawaf, Sa’i, dan Tahalul, sedangkan tata cara ibadah haji meliputi semua tata cara ibadah
    umroh, ditambah dengan Wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, dan melempar Jumrah.
  3. Hukum: sebagaian ulama berpendapat bahwa melaksanakan ibadah umroh hukumnya sunah, sedangkan melaksanakan ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu.