Umroh merupakan salah satu ibadah yang diminati oleh umat Islam karena dapat dilakukan kapan saja tanpa menunggu musim haji. Umroh rata-rata dilakukan selama 9 hari. Untuk menyempurnakan ibadah ini maka diperlukan berbagai persiapan agar umroh kita nantinya menjadi mabrur. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita lakukan sebelum berangkat umroh :

  1. Persiapan Mental

Luruskan niat. Sebelum berangkat ke tanah suci hendaknya kita meluruskan niat terlebih dahulu. Fokuskan niat untuk beribadah semata hanya untuk Allah, bukannya untuk pamer, berjalan-jalan maupun berbelanja.

  1. Persiapan Spiritual

Sebelum berangkat umroh hendaknya kita mempersiapkan spiritual kita dengan cara bertaubat kepada Allah. Memohon agar Allah mengampuni segala dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu karena dosa merupakan penghalang dalam menggapai ridho Allah. Jadi sebelum kita berangkat ke tanah suci sebaiknya membersihkan dosa-dosa kita sehingga ibadah umroh yang kita laksanakan nantinya menjadi mabrur dan sempurna. Kita harus berjanji kalau kita tidak akan mengulang hal-hal yang dilarang oleh Allah di masa mendatang. Selain memperbanyak istighfar kita juga wajib memperbanyak amal saleh.

  1. Persiapan Fisik

Ibadah umroh merupakan ibadah yang cukup menguras tenaga, meskipun tidak seberat ibadah haji. Sebaiknya kita tetap melakukan persiapan fisik dengan cara berolahraga setiap pagi seperti jalan kaki atau lari pagi agar tubuh tidak mudah capek ketika melakukan ibadah umroh.

  1. Persiapan Perlengkapan

Sebelum berangkat ke tanah suci kita wajib melengkapi dokumen-dokumen perjalanan. Kita juga harus membawa buku panduan umroh. Agar nantinya kita tidak mengalami kesulitan saat menjalani umroh, hendaknya ketika kita masih di tanah air, kita bisa membaca dan menghafal tata cara umroh beserta doa-doa yang dibaca saat umroh. Kalau tidak memungkinkan untuk menghafal maupun membaca kita bisa mengikuti petunjuk dari muthowif/pembimbing umroh. Selain itu kita wajib menyiapkan isi koper seperlunya, membawa obat-obatan dan perlengkapan ibadah. (Diolah dari berbagai sumber).

Baca juga : Ini Dia Doa-Doa Saat Beribadah Umroh