Melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan ganjaran yang diperoleh jamaah.

Seperti yang kita ketahui, bulan ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah. Setiap amal ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Mulai dari hal yang sederhana sperti membaca satu huruf dari Al Quran.

Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Itu baru membaca satu huruf dari Al – Quran saja, bagaimana jika kita bersungguh – sungguh melaksanakan ibadah umroh dibulan ramadhan?

Tentunya akan sangat banyak pahala yang didapat ketika melaksanakan ibadah umroh dibulan ramadhan dengan ikhlas dan maksimal.

Bagaimana cara dan tips umroh dibulan ramadhan agar dapat melaksanakan ibadah dengan maksimal?

Mengingat padatnya jamaah umroh dibulan ramadhan, maka dibutuhkan persiapan agar ibadah umroh dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Berikut adalah tips dari Khalifa Hajj untuk melaksanakan ibadah umroh dibulan ramadhan.

15 Tips Umroh Dibulan Ramadhan

1. Daftar Umrah Ramadhan di Khalifa Hajj
Khalifa Hajj adalah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) resmi dari Kemenag dengan SK D:496/2014.

Salah satu misi dari Khalifa hajj adalah Memberikan bimbingan intensif kepada tamu Allah dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan syariat (Al-Qur’an dan Sunnah), dengan ini Insya Allah perjalanan ibadah umrah sahabat dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Disarankan untuk mendaftar umroh 3 bulan sebelum keberangaktan.

2. Siapkan Dana Ekstra
Pada saat bulan ramadhan, biaya penginapan dan transporatasi disana berbeda dengan bulan sebelumnya, termasuk tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi. Oleh karena itu, siapkanlah dana lebih untuk paket umrah ramadhan.

3. Pilih Penginapan Yang Tidak Terlalu Jauh
Saran dari Khalifa Hajj sebaiknya sahabat memilih penginapan yang tidak terlalu jauh dengan Masjidil Haram di Makkah. Hal ini dapat menghemat tenaga Anda, sehingga tidak mudah capek dan terserang sakit.

Jika sahabat memilih penginapan yang agak jauh, disarankan untuk tidak bolak – balik ke hotel dan diutamakan berdiam diri di masjid untuk berdzikir atau tilawatil quran karena sangat disayangkan apabila sahabat melawati moment berharga ini dengan begitu saja.

4. Siapkan Fisik
Karena umroh merupakan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat, terlebih pada saat bulan Ramadhan, sahabat perlu mempersiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum keberangkatan.

Untuk memulainya, Sahabat bisa perbanyak jalan kaki atau lari pagi untuk menguatkan kaki saat beribadah di tanah suci.

5. Siapkan Mental
Kondisi tanah suci yang cukup padat di akhir Ramadhan bisa sangat menguras kesabaran Anda. Untuk itu, siapkan mental agar Anda tidak mudah mengeluh, bisa tetap sabar, dan tidak stres. Kondisi kejiwaan yang sering stres dapat menekan sistem pertahanan tubuh, akibatnya membuat tubuh gampang sakit.

6. Kenali Tempat Ketika Di Baitullah
Di awal kedatangan di tanah suci, kenali lokasi tempat-tempat penting yang sahabat singgahi, terutama pintu masuk dan arah jalannya dari tempat anda menginap. Ini penting, supaya anda tidak tersesat dan menghabiskan energy / kehausan dikarenakan mencari lokasi yang dituju ketika berpisah dengan rombongan.

7. Selalu Berjamaah
Lakukan segala ibadah secara jamaah yang bisa dilakukan dengan jamaah lain. Pastikan ketika berada di madinnah dan di mekkah, sahabat selalu bergabung dengan tim dan mengikuti program – program dari Khalifa Hajj.

8. Istirahat Disiang Hari
Mengingat umroh dibulan ramadhan, maka banyak kegiatan ibadah yang dilakukan pada malam hari. Sempatkanlah beristirahat yang cukup di siang hari untuk menyiapkan energi agar fit ketika melaksanakan ibadah di malam hari.

9. Perbanyak Ibadah Dimalam Hari
Untuk melakukan umroh yang kedua dan seterusnya, hendaknya dilakukan pada malam hari ketika suhu kembali normal, kecuali pada waktu-waktu yang padat seperti ba’da maghrib dan ba’da shalat isya’. Lakukanlah ibadah-ibadah yang lain seperti, I’tikaf, dzikir, membaca Al Quran pada saat itu ataupun sholat tarawiih ba’da sholat Isya’.

10. Kenakan Pengenal
Bawa selalu tanda pengenal. Ini penting, agar kita tidak terpisah dari jamaah dan supaya mudah dikenali.

11. Berangkat Lebih Awal
Apabila sahabat berada di hotel, disarankan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjidil haram atau masjid nabawi dan berangkatlah lebih awal agar tidak kehabisan tempat.

12. Perbanyak Minum Air Putih
Banyaklah minum air putih (Air Zamzam) pada saat malam hari, agar tidak mengalami dehidrasi sewaktu melaksanakan ibadah, dikarenakan cuaca yang panas.

13. Makan Makanan yang Berkualitas
Perbanyak makan makanan yang berkualitas agar kuat melaksanakan ibadah. Disarankan untuk memakan Ruthab (Kurma Basah) sebelum beribadah agar tubuh lebih segar dan dapat maksimal ketika melaksanakan ibadah.

14. Bawa Tas Kecil
Sahabat akan mendapatkan tas kecil dari Khalifa Hajj yang nantinya bisa digunakan untuk menyimpan perlengapan pada saat melaksanakan ibadah di masjidil haram dan masid nabawi disarankan untuk tidak terlalu banyak membawa barang bawaan agar lebih fokus dan maksimal dalam beribadah

15. Siaga Dengan Barang Bawaan
Tips umroh dibulan ramadhan yang terakhir adalah siaga dengan barang bawaan milik sahabat. Akan sangat banyak jamaah ketika umrah di bulan Ramadhan. Berhati – hatilah dengan barang bawaan sahabat agar tidak hilang karena banyaknya orang pada saat melaksanakan ibadah sehingga sahabat kurang fokus dengan barang bawaannya.

Demikian 15 tips umroh dibulan ramadhan dari Khalifa Hajj agar sahabat lebih maksimal ketika melaksanakan ibadah. Baik itu ibadah umroh ataupun ibadah lainnya yang hukumnya wajib dan sunnah di Baitullah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat yang akan berangkat atau berencana umrah dibulan Ramadhan.

Wallahu a’lam bish-shawabi

Biro Umroh Semarang | Dewangga Lil Haji Wal Umroh
📱Whatsaap : 081228155300
KANTOR PUSAT : – Sriwijaya 57 Semarang Telp. (024) 8418218 – Jl. Setiabudi No. 91 Srondol Semarang, Telp. 024 76405900 , 0816650805
KANTOR PERWAKILAN : – Jl. Raya Pati – Tayu Km. 1 Depan Asrama Tentara Alugoro Pati Telp. 0295 383070 , 0852 9003 3398 – Jl. Sunan Abinawa Patebon Kendal Telp. 08122 9999 300 – Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 33 Jaraksari – Wonosobo Telp. 0286 323868 , 0822 4282 9361 – Jl. Jend. Sudirman Rembang Depan Pom Bensin Desa Tireman Telp. 0295 383070 , 0852 2802 5000

 

[sumber]