Kisah Dibalik Nama Masjid Jin di Mekah

Masjid Jin merupakan salah satu masjid yang terletak di kota suci Mekah. Tepatnya di perkampungan Ma’la, tidak jauh dari perkuburan Kota Mekah. Layaknya masjid lain, masjid ini juga dibangun oleh manusia dan digunakan sebagai sarana beribadah kaum muslim. Tapi kenapa masjid ini bisa dinamakan masjid Jin?

Nama Masjid Jin diambil dari suatu peristiwa yang berhubungan dengan para bangsa jin. Konon dalam catatan sejarah Masjid Jin merupakan tempat dimana Rasulullah bertemu dengan para jin yang mengaku masuk Islam. Masjid dengan bangunan yang modern ini memiliki luas sekitar 10 x 20 meter, memiliki dua lantai dan satu basement, diatapnya terdapat kubah yang dihiasi dengan tulisan kaligrafi Al-Quran Surat Al Jin ayat 1-9.

Dikisahkan saat Rasulullah SAW dengan para sahabat saat usai melakukan sholat subuh, mereka membaca surat Ar-Rahman. Salah satu surat Ar-Rahman yang memiliki arti ”Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” tak sengaja didengar oleh rombongan jin yang sedang lewat di daerah tersebut.

Rupanya lantunan ayat tersebut sangat menarik perhatian para jin. Para jin tersebut lantas mendatangi asal suara lalu menemukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya tengah membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Para Jin itu kemudian langsung menjawabnya dengan kalimat, “Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami tidak mendustakan nikmat-Mu sedikitpun. Segala Puji hanya bagi-Mu yang telah memberikan nikmat lahir dan batin kepada kami.”

Kemudian rombongan jin tersebut berdialog dengan Rasulullah SAW dan akhirnya menyatakan keislamannya dan berbaiat (setia) kepada Rasulullah SAW. Peristiwa ini merupakan pertama kalinya bangsa jin masuk agama islam dan berita ini menyebar dengan cepat kepada kaum jin yang lain.

Peristiwa ini jugalah yang melatarbelakangi turunnya Al-Qur’an surat Al-Jin ayat 1. Ayat ini memberitahukan kepada Nabi Muhammad SAW tentang peristiwa alam gaib yang terjadi di sekeliling mereka. Selain dalam surat Al-Jin peristiwa ini juga diabadikan dalam Alquran surah al-Ahqaf [46]: 29-32.

Maka untuk mengabadikan peristiwa tersebut didirikannya masjid ini dan dinamai dengan Masjid Jin. Masjid Jin juga di sebut dengan Masjid Al Bai’ah. Dengan adanya kisah tersebut. Masjid Jin saat ini menjadi salah satu masjid yang terkenal di seluruh dunia dan menjadi lokasi yang sering didatangi oleh para jamaah haji dan umrah di tanah suci Mekah. Mereka terkadang menyempatkan untuk menunaikan shalat fardhu di masjid ini. (Diolah dari berbagai sumber).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top