Tiap tahunnya kota Mekkah, Arab Saudi selalu ramai didatangi oleh para umat islam dari berbagai belahan dunia. Mekkah, bukan hanya sebagai tempat untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, namun juga juga memiliki sejumlah obyek wisata yang sangat menarik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

1. Masjid Al-Haram

Bagi para jemaah haji dan umrah tentu mengunjungi Masjidil Haram adalah suatu kewajiban, karena ada beberapa rukun haji dan umrah di sini. Seperti thawaf, mengelilingi Ka’bah dan melakukan sa’i yaitu berlari-lari kecil antara bukit bukit Safa ke Marwah yang ada di kompleks masjid.

2. Gua Hira

Destinasi wisata lainnya adalah Gua Hira yang berlokasi di Jabal Nur. Gua ini terletak sekitar 2 mil dari Mekkah. Gua ini merupakan sebuah tempat di mana wahyu pertama turun kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril. Nabi Muhammad sering mengunjungi tempat ini untuk berkhalwat, berfikir tentang penciptaan dunia, dan mencari ketenangan. Lokasi gua ini terletak pada tebing yang tidak begitu tinggi namun mempunyai medan tanjakan ditambah sedikit lebih curam.

3. Jam Raksasa

Di Mekkah terdapat jam raksasa yang merupakan jam terbesar di dunia. Jam ini menjadi salah satu ikon di Arab Saudi karena bisa terlihat dari jarak yang sangat jauh yaitu lebih dari 25 kilometer. Selain besar, jam ini juga sangat menarik dan indah. Jam ini memiliki ketinggian 600 meter dengan diamater lingkaran sepanjang 40 meter. Diameter ini mengalahkan jam Cevahir Mall yang ada di Istanbul yang hanya berdiameter 36 meter. Di puncak menara terdapat bulan sabit yang terbuat dari emas dengan diamater 23 meter.

4. Jannat Al-Baqi

Wisata religi yang wajib kita kunjungi selanjutnya adalah Jannat al-Baqi. Tempat ini merupakan sebuah tanah pemakaman yang sangat bersejarah bagi umat Islam karena kerabat dan sahabat Nabi Muhammad termasuk ibu mertua dan kakeknya  yang dikubur disana. Ada sekitar 7.000 sahabat yang dikubur di sana. Selain itu pemandangan di sini juga sangat indah.

5. Pasar Bab Mekkah

Pasar Bab Mekkah merupakan pasar favorit di Arab Saudi. Pasar ini menjual bermacam-macam dagangan seperti pasar lainnya. Namun yang membedakan pasar ini dengan pasar lainnya adalah harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan pasar lain. Di pasar ini harga dagangan dapat dibandrol hingga 25% dibanding pasar lain. Misalnya kurma ajwa dijual 60 riyal per kg. Harga itu lebih murah 25% daripada yang dijual di Madinah dan Mekkah yaitu 80 riyal.

6. Gua Tsur

Gua Tsur merupakan tempat Nabi SAW bersembunyi bersama Abu Bakar dari kejaran kaum kafir Quraisy saat hendak hijrah ke Madinah selama tiga hari tiga malam. Gua ini berjarak lima kilometer dari Kota Mekkah yang berupa barisan bukit batu dan merupakan perbukitan tertinggi di Mekah. Gunung Tsur memiliki tiga puncak yang bersambungan dan berdekatan. Di salah satu puncak Jabal Tsur terdapat Gua Tsur. Dulu banyak jamaah haji berupaya naik ke Jabal Tsur dan melihat Gua Tsur. Namun karena kondisi medan bukit yang terjal, dan waktu tempuh sekitar 2-3 jam untuk mencapai gua, maka pemerintah Arab membuat larangan untuk naik ke Jabal Tsur. Jemaah kini hanya bisa menyaksikan Jabal Tsur dari bawah bukit.

7. Badr

Badr merupakan perkampungan antara Mekah dan Madinah. Sebanyak 14 syuhada Perang Badr dimakamkan di sini. Wilayah ini berdekatan dengan lokasi pemakaman syuhada Perang Badr. Yaitu Masjid Al-Arish dan di masjid inilah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menunaikan shalat selama perang.

8. Gunung Uhud

Gunung Uhud dulunya merupakan lokasi terjadinya Perang Uhud yang membuat paman Nabi, Hamzah, gugur dan dimakamkan di sini bersama syuhada lainnya. Kita bisa menaiki gunung yang tidak terlalu tinggi ini dan berziarah ke makam para syuhada Perang Uhud.

9. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan tempat di mana Nabi Adam dan Hawa bertemu untuk pertama kalinya setelah berpisah selama ratusan tahun. Di atasnya dibangun sebuah tugu sebagai tanda tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa. Banyak orang yang percaya bila berdoa di sini untuk meminta jodoh niscaya akan dikabulkan oleh Allah.

10. Suquq Lail – Tempat Lahir Nabi Saw.

Rasulullah Saw diyakini lahir di kaki Gunung Abi Qubais di kampung Suqul-Lail, Makkah. Kini rumah tempat kelahiran beliau itu menjadi perpustakaan umum. Tertulis di depannya huruf Arab “Maktabah Makkah al-Mukarramah” yang artinya “Perpustakaan Mekkah al-Mukarramah”.

Tempat ini dulunya dikenal dengan “Lembah Abu Thalib”. Ketika Nabi Saw hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib yang kemudian didiami oleh anak turunannya. Selanjutnya rumah itu dibeli oleh Khaizuran, ibu Harun Arrasyid, dan dibangun sebuah masjid. Lantas masjid tersebut dibongkar dan tempat itu sempat terbengkalai.

Pada tahun 1950, tempat lahir Nabi Muhammad SAW. dijadikan wakaf perpustakaan atas permintaan Sheikh Abbas Al-Qattan yang menjabat sebagai Gubernur Mekkah saat itu. Permintaannya disetujui oleh pemerintah Saudi dengan syarat wakaf ini tidak bisa dijual-belikan atau disewakan, atau tidak bisa dihadiahkan kepada siapapun, atau tidak bisa ditukar atau dipinjamkan kepada siapa pun. (Diolah dari berbagai sumber).